Sabtu, 22 Maret 2014


Teori Belajar Vygotsky

            Menurut saya teori belajar Vygotsky itu sangat cocok untuk kepribadian saya. Karna teori belajar Vygotsky itu ada penekanan kuat terhadap proses  belajarnya. Karna dalam proses belajar saya itu gak bisa begitu cepat mengerti harus diulang beberapa kali baru saya mengerti dengan pelajaran tersebut. Begitu juga dengan di rumah saya harus mengulang pelajar tersebut agar dapat lebih mengerti baik itu pelajaran metemetika atau apapun.
            Karna saya dalam belajar harus sering mengulangi apa yang sudah dipelajari di sekolah ataupun di kampus supaya lebih dimengerti. Terkadang di kampus atau disekolah saya kurang paham dengan apa yang diberikan dosen ataupun guru. Dan dalam proses belajar sendiri saya itu harus memiliki teman yang bisa saya ajukan beberapa pertanyaan yang saya tidak mengerti. Dan saya juga kurang bisa belajar sendiri, kalau belajar sendiri saya suka bigung sendiri dengan apa yang ada dihadapan saya maka dari itu saya membutuhkan teman untuk membantu saya salam belajar dan mengulangi pelajaran di rumah.
            Dalam teori belajar vygotsky peran bahasa juga sangat penting karna dengan bahasa saya bisa mengerti dengan apa yang dikatakan orang-orang kepada saya. Dan itu juga memerlukan dialog dengan seseorang untuk memperlancar proses belajar. Dengan adanya penekatan yang kuat dalam proses belajar vygotsky itu sangat cocok yntuk saya dan saya memang harus seperti itu dalam proses belajar agar bisa mengerti dengan apa yang di pelajari. Begitupun dengan dirumah saya harus rajin-rajin mengulang pelajaran yang sudah dipelajari agar lebih paham dari sebelumnya, dan orangtua pun mengerti dengan hal tersebut makanya dari itu mereka tidak pernah bosan menyuruh saya untuk mengulang pelajaran tersebut dirumah.
            Dan orangtua saya juga mengerti dengan hal itu, sempat waktu saya masih SD orangtua saya memanggil guru les private untuk mengajari saya belajar. Karna orangtua saya tahu bahwa saya dalam belajar tidak bisa cepat mengerti dengan apa yang diberikan guru kepada saya maka dari itu orangtua saya memanggil guru private kepada saya agar saya lebih rajin dalam mengulang pelajaran dirumah.
            Dengan cara orangtua saya tersebut membuat saya lebih rajin mengulang pelajaran dirumah. Dan itu masih saya terapkan sampai sekarang walau bedanya sekarang guru privatenya udah gak ada lagi. Dengan belajar sendiri membuat saya lebih menghargai waktu dan membuat saya lebih mandiri dalam proses belajar. Walau terkadang saya menemukan kesulitan dalam belajar sendiri, kalau sudah begitu saya harus menanyakannya kepada teman yang dekat dengan saya agar saya mengerti.
            Teman dekat saya juga tidak sungkan-sungkan untuk mengajari saya agar saya lebih mengerti dengan pelajaran tersebut. Karna mereka tahu bahwa saya tidak bisa cepat dalam mengerti suatu pelajaran dan saya juga tidak segan untuk bertanya kepada teman saya sendiri. Dan mereka juga dengan senang hati mau membantu saya agar mengerti dengan pelajaran tersebut. Karna sekarang saya sudah tahu bahwa kurang cepat dalam mengerti sebuah pelajaran maka sekarang saya lebih rajin untuk mengulang pelajaran tersebut dirumah agar lebih mengerti apabila di tanyakan kembali kepada saya.

Nama               : Nova Hardiyanti Pane
Kelompok       : 13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar